Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Pentingnya Penggunaan Alat Pelindung Diri untuk Mengurangi Dampak Kecelakaan


Text dan Infografis
: Agung Budiarto*

Mungkin Bagi para pemerhati HAPIJIRA Alat Pelindung Diri atau APD adalah hal yang  biasa-biasa saja dan saat ini APD sudah menjadi budaya bagi para pekerja di lapangan. Namun demikian hal ini kami angkat kembali agar pemahaman akan pentingnya APD masih tetap terjaga dan terus dipertahankan. 

Selain itu kami juga ingin agar para pembaca memahami pentingnya penggunaan APD untuk mengurangi dampak kecelakaan, paham penggunaan APD dengan tepat dan benar dan sadar akan kewajiban terhadap pengelolaan dan perawatan APD. 

Alat pelindung diri adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian  atau seluruh tubuh, dari potensi bahaya ditempat kerja. 

Pentingnya akan penggunaan APD adalah pelindung terakhir saat terjadi paparan/ kontak (insiden) dengan bagian tubuh, fungsinya hanya mengurangi keparahan dampak akibat kecelakaan yang mempunyai efektifitas 10%  dan penggunaannya harus sesuai dengan pekerjaan dan resikonya.

APD dan alat keselamatan yang wajib digunakan di tempat kerja



Jenis APD

  • Pelindung Kepala                              
  • Pelindung Mata
  • Pelindung Telinga
  • Pelindung Pernafasan
  • Pelindung Badan
  • Pelindung Tangan
  • Pelindung Kaki
  • Pelindung Lainnya 

Alat Pelindung Kepala


Fungsinya untuk melindungi bagian atas kepala, bermaksud mencegah cedera otak akibat benturan dan mengurangi dampak resiko : Terbentur, Terjatuh dari ketinggian dan Kejatuhan benda.
 


Alat Pelindung Mata

Pelindung mata digunakan untuk melindungi mata dari resiko percikan (api, debu, pasir, gram besi,  radiasi,  eye strain dan terkena material keras (batu kerikil, kawat dll)

Terdapat berbagai jenis pelindung mata untuk lingkungan dan pekerjaan yang berbeda, seperti : 

Alat Pelindung Telinga


Pelindung telinga berfungsi untuk melindungi dari resiko dan bahaya seperti :

kehilangan pendengaran (NIHL; noise induced hearing loss, kebisingan tinggi, shock wave

ledakan, dll

Tipe: ear muff, ear plug, sumber kebisingan seperti contoh di bawah ini 

Alat Pelindung Badan/Torso

Alat pelindung badan berfungsi untuk melindungi dari resiko dan bahaya : percikan (api las/gerinda), cipratan (bahan kimia), tekanan (barang/benda kerja), serpihan (geram, slag), panas dan radiasi. 


Jenis  alat pelindung badan seperti : full body apron leather, upper apron leather, full body apron plastic, dll.
 

Alat Pelindung Pernafasan


Alat Pelindung Pernafasan berfungsi untuk melindungi fungsi pernafasan dari benda asing atau penyakit, seperti: resiko terhirup partikulat (debu, asap, besi gram, dll), terhirup uap / gas bahan kimia (amonia, belerang), penularan airborne disease

Tipe : masker kertas/kain, full face google, respirator 

Alat Pelindung Tangan


APD ini untuk melindungi kulit tangan dan resiko cedera tersayat benda tajam, terjepit, paparan material kimia /B3,  percikan api/ flying object dan paparan panas/radiasi.
 

Alat Pelindung Kaki

Melindungi kulit dan fungsi kaki Resiko : terinjak, kejatuhan benda tajam/berat, terlindas, menginjak benda tajam/berbahaya, tumpahan bahan kimia dan tertusuk dll. 

Jenis Pelindung Kaki

  • Steel toe safety shoes  
  • Anti slip safety shoes
  • Rubber safety shoes
  • Anti Acid safety shoes

Alat Pelindung Bekerja di Ketinggian

Mencegah cedera berat dan resiko fatal akibat bekerja di ketinggian


Contoh APD ketinggian

  • Lifeline, safety harness 

Alat Keselamatan

Alat pelindung lain seperti seat belt, pelampung, rompi reflektor, jas hujan, dll


Yang wajib diperhatikan untuk para pekerja terhadap APD adalah: gunakan APD yang tepat dan memenuhi standar pada setiap pekerjaan, Cek terlebih dahulu kelengkapan dan kondisi APD, cocokkan dengan kontur bagian tubuh/ carilah ukuran yang tepat, Gunakan sesuai petunjuk penggunaan.
 

Sesuai dengan legal aspek yang tertera pada UU No.1 tahun 1970, Permen 26 Tahun 2018 ESDM dan Kepmen 1927 Tahun 2018 ESDM dan Kepdirjen, menyatakan bahwa  APD wajib disediakan oleh perusahaan, setiap karyawan wajib memakai APD yang dipersyaratkan, karyawan wajib melaporkan jika ada kerusakan APD, peminjaman APD, cara memperoleh APD. 

Demikian paparan dari kami semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan akan pentingnya penggunaan APD di tempat kerja. terimakasih

*Penulis adalah staff pengajar PT Allsys Solutions

 

 

 

Type above and press Enter to search.