Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Pentingnya Program Kesehatan di Tempat Kerja


Text oleh: FX Firman Mesias

Menjaga kesehatan di tempat kerja adalah aspek yang sangat penting untuk memastikan kesejahteraan karyawan dan produktivitas perusahaan. Karyawan yang sehat cenderung lebih produktif dan efisien dalam menjalankan tugas mereka. Kesehatan yang baik memungkinkan karyawan untuk fokus, memiliki energi yang cukup, dan mengurangi tingkat ketidakhadiran. Selain itu, kesehatan juga  merupakan gaya hidup yang tidak hanya sekedar pencapaian tujuan saja, tetapi upaya seseorang untuk menerapkan gaya hidup sehat sepanjang masa dan berlanjut sampai seumur hidup.

Sebelum kami paparkan tentang program untuk menjaga kebugaran di tempat kerja, mari kita pelajari dulu apa itu yang dimaksud dengan sehat ?

Sehat Menurut WHO

Definisi sehat menurut WHO adalah keadaan sempurna secara fisik, mental, serta sosial, dan tidak hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan. Sehat adalah hak paling mendasar dari setiap manusia, tanpa membeda-bedakan ras, agama, politik, dan kondisi sosial ekonominya.

Sehat Menurut Kemenkes

Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, Kesehatan adalah keadaan sehat seseorang baik secara fisik, jiwa, maupun sosial dan bukan sekedar terbebas dari penyakit untuk memungkinkanya untuk hidup produktif. Sedang kan yang dimaksud Upaya Kesehatan adalah segala bentuk kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat dalam bentuk promotif, kuratif, rehabilitatif, dan/atau palliativ.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, baik itu kesehatan mental maupun fisik. Kesehatan yang terjaga dengan baik akan membuat seseorang menjadi lebih produktif dan lebih bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali dalam kehidupan sehari-hari, kita lupa untuk menjaga kesehatan karena kesibukan dan tekanan yang terjadi di dalam lingkungan kerja.

Kesehatan dan kebugaran  bagi pekerja adalah sebuah konsep untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pekerja dalam lingkungan kerja. Kesehatan dan kebugaran meliputi kesehatan fisik, mental, dan emosional, yang sangat penting untuk memastikan kebahagiaan dan produktivitas di tempat kerja.

Dimensi Tentang Kesehatan:

Kesehatan dan kebugaran  merupakan integrasi secara menyeluruh pada fisik, mental, spiritual, kebugaran tubuh, pikiran, dan tumbuh kembang jiwa. Yang bisa kita bagi dalam antara lain:


Dimensi fisik

Olahraga teratur, makan makanan yang bernutrisi seimbang sesuai kondisi fisik terkini dan juga istirahat yang cukup dan berkualitas.

Dimensi Mental

Pikiran akan mempengaruhi suasana hati  yang akan mempengaruhi kondisi mental meluangkan waktu untuk mengevaluasi seperti apa proses berpikir

Dimensi Spiritual

Bisa menemukan tujuan, nilai dan arti hidup. Bisa berpartisipasi dalam aktivitas yang konsisten dengan keyakinan dan nilai yang dipegang selama ini

Dimensi Emosional

Memahami dan menghargai perasaan, termasuk menghargai perasaan orang lain, mengelola emosi diri secara konstruktif dan merasa positif dan antusias dengan hidup sendiri

Dimensi Sosial

Hubungan antar manusia yang sehat, menikmati kebersamaan dengan orang lain, mengembangkan hubungan pertemanan dan juga hubungan romantis.

Dimensi Lingkungan

Memahami bahwa lingkungan sosial, alam, dan masyarakat memberikan dampak pada kesehatan dan kesejahteraan diri

Dari beberapa dimensi yang dapat mempengaruhi terhadap gangguan kesehatan dan kejiwaan tersebut bisa kita minimalisir dengan membuat program program yang mengarah pada relaksasi atau olahraga atanta lain, program makan sehat, program berhenti merokok, program fitness, program, kelas yoga atau aerobic, Rekreasi, relaksasi, bermain musik, menulis melukis dan lain sebagainya.

Inti dalam tulisan ini kami mengajak kepada para pembaca HAPIJIRA untuk selalu menjaga lingkungan kerja yang sehat, dengan harapan jika kita terus menjaga lingkungan yang sehat tentunya akan dapat mengurangi risiko penyakit dan cedera yang dapat terjadi akibat kondisi kerja yang buruk. Program kesehatan kerja seperti pemeriksaan berkala atau Medical Check Up dan edukasi tentang kesehatan akan sangat membantu terhadap pencegahan akan adanya penyakit akibat kerja maupun penyakit tenaga kerja. Terimakasih

*Penulis adalah HSE Head PT Indo Tambangraya Megah.Tbk 

Type above and press Enter to search.