Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Breaking News: Joko Tri Raharjo Terpilih Menjadi Direktur APKPI 2024-2028


Joko Tri Raharjo
Joko Tri Raharjo terpilih menjadi Direktur APKPI 2024-2028

Bogor- Joko Tri Raharjo terpilih menjadi Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) untuk periode 2024-2028 pada Musawarah Nasional (Munas) III, APKPI yang digelar di IPB International Convention Center (29/6) sore ini.

Direktur Operasional PT Putra Perkasa Abadi (PT PPA) itu terpilih setelah rival utamanya, Alwahono mengundurkan diri dari pencalonan. 

Alwahono adalah calon incunbent, yang sebelumnya menjabat direktur APKPI untuk periode 2020-2024. 

Pengunduran diri Alwahono terjadi dimenit-menit terakhir pencalonannya, pada saat ia menyampaikan visi dan misinya di hadapan seluruh anggota APKPI dan Ketua Sidang Munas III. 

"Dengan ini saya menyampaikan pengunduran diri saya, dan saya titipkan delapan plus satu visi dan misi yang saya bacakan tadi kepada bapak Joko Tri Raharjo," ujar Alwahono.  

Dengan demikian Joko Tri Raharjo terpilih dan ditetapkan oleh pimpinan sidang, Eko Gunarto sebagai Direktur APKPI untuk periode 2024-2028 mendatang.  

Sebelumnya panitia telah  menjaring 5 nama bakal calon untuk maju ke Munas APKPI kali ini, namun dari kelima nama tersebut hanya tinggal 2 kandidat saja yang dianggap memenuhi syarat sebagai calon.

Salah satu persyaratan anggota APKPI bisa mencalonkan diri sebagai direktur adalah mimimal diajukan oleh 5 orang anggota. Kedua nama yang lolos sampai tahap pemilihan adalah Alwahono (incumbent) dan Joko Tri Raharjo.

Pimpinan sidang, Eko Gunarto yang juga adalah Pengawas APKPI sempat melakukan skorsing selama 30 menit karena peserta yang hadir di ruang sidang pagi itu belum korum.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pandangan umum setiap DPP APKPI dari seluruh Indonesia.

Sidang dipimpin oleh Eko Gunarto, sekretaris Ade Kurdiman dan Anggota Edi Supriyanto dari ketua DPP APKPI Jawa.

Sebelum pemilihan dilakukan, kedua kandidat yang terpilih sempat menyampaikan visi dan misi masing-masing. Joko Tri Raharjo menyampaikan visi dan misinya lewat zoom meeting, karena pada saat pencalonan dirinya, ia sedang berada di Australia. Sementara Alwahono di hadapan ratusan peserta Munas III APKPI di IPB International Convention Center, Bogor.

Profil  Direktur APKPI Terpilih

Alwahoho telah terbukti membawa APKPI tumbuh pesat. Selain pertumbuhan anggota yang kini telah mencapai 2000 orang, APKPI juga telah melakukan berbagai kegiatan yang menjembatani antara kepetingan pemerintah dan perusahaan tambang di Indonesia di bidang pertambangan. Pada masa kepemimpinan Alwahono juga telah dilakukan berbagai kampanye keselamatan pertambangan dari Sabang sampai Merauke yang diikuti oleh ribuan peserta sehingga lembaga tersebut mendapat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada tahun 2023 silam.

Sementara itu Joko Tri Raharjo adalah serang professional yang memulai karirnya di dunia tambang benar-benar dari bawah, yaitu seorang helper. Namun dalam 20 tahun kemudian ia berhasil naik ke puncak dan menjadi direktur operasional perusahaan tambang tempat ia bekerja yaitu PT PPA yang kisah hidupnya diabadikan dalam buku 100 Anak Tambang Indonesia yang diterbitkan oleh Allsysmedia tahun 2021 silam.

Buku tersebut juga mencatatatkan 2 rekor MURI pada saat itu.   Joko Tri Raharjo dulunya hanya seorang lulusan STM, namun pun berhasil melanjutkan pendidikannya sambil bekerja hingga mendapat gelar doktor (S3).

Karena itu pula kisah mengenai Joko Tri Rajarho diabadikan dalam acara televisi, Kick Andy dengan judul "Climb to the Top" malam ini pukul 21.05WIB di MetroTV, 31 Desember 2022 silam.

Tak Hanya menjadi Direktur Operasional di PT PPA, kini Joko Tri Raharjo juga menjadi CEO di PT. Antareja Mahada Makmur, yang bergerak di bidang jasa kontraktor pertambangan batu bara. Selengkapnya tentang  Joko Tri Raharjo dapat dibaca di link berikut ini.

Type above and press Enter to search.